Pentingnya Menyadari Ciri Ciri Kanker Payudara Stadium Awal


Mengetahui apa aja ciri ciri kanker payudara stadium awal terbilang sangat penting. Alasan utamanya adalah karena di stadium awal, kanker ini masih sangat mungkin untuk disembuhkan. Sebagian besar penderita kanker payudara stadium 1 bisa sembuh serta kondisinya kembali seperti sedia kala. Beberapa ciri kanker payudara ini di antaranya adalah rasa nyeri pada payudara, perubahan bentuk puting, penebalan kulit pada area sekitar payudara hingga keluarnya cairan dari dalam puting selain ASI. Ciri-ciri di atas bisa jadi merupakan ciri penyakit lain selain kanker, seperti iritasi atau maltasis, terutama untuk ibu menyusui. Akan tetapi, wanita tetap harus waspada, apalagi jika gejalanya tak kunjung membaik setelah mengonsumsi obat dari dokter.

 

Selain beberapa ciri yang disebutkan di atas, masih ada ciri-ciri kanker payudara lainnya yang wajib kita waspadai pula. Yang perlu diingat adalah bahwa gejala yang disebutkan di bawah ini baru akan muncul saat kanker sudah berukuran besar serta menyebar ke bagian tubuh yang lain. Di antara ciri-ciri tersebut adalah nyeri tulang, kehilangan selera makan, mual, penurunan berat badan, sakit kuning di mana kulit serta area putih mata tampak kekuningan serta penumpukan cairan pada sekitar paru-paru. Ciri ciri kanker payudara stadium awal bisa jadi berupa batuk, sesak napas, penglihatan kabur serta kelemahan pada otot.

 

Bisa dibilang bahwa ciri-ciri di atas terbilang umum dan bisa saja diartikan sebagai penyakit lain. Itulah pentingnya melakukan pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI setidaknya satu kali dalam satu bulan. Aksi SADARI akan membantu kita dalam menyadari adanya perubahan pada payudara sendiri. Selain itu, perhatikan juga aneka ciri ciri kanker payudara stadium awal sehingga kita bisa segera memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami gejala-gejala tersebut. Deteksi kanker payudara secara dini akan dapat menentukan keberhasilan pengobatan. Kanker payudara yang baru terdeteksi ketika mencapai stadium 4 biasanya tidak akan dapat disembuhkan lagi. Pengobatan yang diberikan pada pasien kanker payudara stadium 4 adalah untuk mengurangi rasa sakit serta gejalanya saja.