Cara Memperbanyak ASI Lagi Ketika Terasa Kering


Terkadang ibu menyusui harus mencari cara memperbanyak ASI lagi untuk memenuhi kebutuhan si kecil terutama pada enam bulan pertama. Dalam jangka waktu tersebut, asupan ASI sangat dibutuhkan oleh si kecil terutama untuk menurunkan risiko alergi serta mendorong pertumbuhan si kecil. Sayangnya, intensitas menyusui yang padat serta faktor kelelahan, menjadi salah satu penyebab produksi ASI berkurang atau terasa kering. Padahal asupan ASI masih dibutuhkan oleh si kecil sehingga ibu harus mencari cara agar produktivitas ASI bisa kembali lagi seperti semula. Lalu bagaimana caranya agar produksi ASI bisa banyak lagi?

·      Istirahat yang cukup

Mengurus buah hati yang baru lahir bukan persoalan yang mudah, akan lebih baik jika aktivitas ini dilakukan bersama dengan pasangan. Suami bisa menemani si kecil ketika ibu mengambil waktu untuk beristirahat. Istirahat merupakan hal penting bagi ibu menyusui untuk mengembalikan kesegaran dan memberi waktu bagi tubuh untuk rileks. Hindari kecemasan berlebih karena hal ini hanya menyebabkan stres. Stres berkepanjangan tak baik bagi tubuh, pikiran dan bisa menurunkan produksi ASI. Cobalah menyempatkan diri untuk me time dengan mendengarkan musik, berkumpul bersama ibu menyusui lainnya, tiduran atau membersihkan diri. Dengan melakukan cara memperbanyak ASI lagi seperti ini, diharapkan tubuh menjadi lebih tenang, mood lebih baik serta produksi kelenjar susu akan meningkat.

·      Konsumsi makanan sehat

Di samping mengambil waktu untuk istirahat, cara memperbanyak ASI lagi lainnya yakni dengan mengkonsumsi makanan sehat. Makanan yang dikonsumsi ibu bisa mempengaruhi perkembangan bayi. Setidaknya ibu membutuhkan tambahan asupan kalori sekitar 300-500 kalori per hari. Dalam menu makanan sehari-hari, ibu menyusui harus mengkonsumsi makanan sehat yang berupa sumber serat seperti sayuran, buah dan sereal, sumber protein seperti ikan, telur dan kacang-kacangan, produk susu seperti yogurt dan keju serta makanan bertepung seperti nasi, roti gandum utuh dan kentang.Seperti yang dilansir situs umihilma.com, tak ada salahnya menambahkan daun katuk ke dalam menu makanan untuk meningkatkan produksi ASI ketika kering. Jangan lupa pula untuk me.ngkonsumsi suplemen ibu menyusui dan mencukupi kebutuhan cairan setiap hari untuk mengurangi risiko dehidrasi