Pengenalan Game Store Smartphone


Situs Domino cemekiu.id, sebagai penyedia domino online terbaik di Indonesia, kali ini akan membahas tentang pengenalan Game Store Smartphone dan bagaimana sebenarnya awal mula adanya game mobile seperti yang kita kenal saat ini.

Untuk Store atau Pasar gamenya, anda bisa menggunakan Google Playstore untuk device Android, atau Apple App Store untuk iOS / iPhone.  Sedangkan untuk versi game Pirated / Bajakan, atau Mod, anda bisa menggunakan Black Market, atau di berbagai situs penyedia Pirated Apk dan Mod.

Game seluler telah dikembangkan untuk dijalankan di berbagai platform dan teknologi. Ini termasuk Palm OS, OS, Symbian, Adobe Flash Lite, DoJa NTT DoCoMo, Java Sun, Qualcomm's BREW, WIPI, BlackBerry, Nook dan inkarnasi awal Windows Mobile.


Saat ini, platform yang paling banyak didukung merupakan iOS Apple dan Android Google. Versi mobile Microsoft Windows 10 (sebelumnya Windows Phone) juga didukung secara aktif, meskipun dalam hal pangsa pasar tetap marjinal dibandingkan dengan iOS dan Android.

Java pada satu waktu merupakan platform yang paling umum untuk mobile game, namun batas kinerjanya menyebabkan adopsi berbagai format biner asli untuk game yang lebih canggih.

Karena kemudahan porting antara sistem operasi seluler dan komunitas pengembang yang luas, Unity merupakan salah satu mesin yang paling banyak digunakan oleh game mobile modern. Apple menyediakan sejumlah teknologi eksklusif (seperti Metal) yang dimaksudkan untuk memungkinkan pengembang untuk menggunakan perangkat keras mereka dengan lebih efektif di game-game asli iOS.

Biasanya, game seluler komersial menggunakan salah satu model monetisasi berikut: bayar per unduhan (Pay Per Download), berlangganan (Subscribe),  gratis untuk dimainkan (freemium), atau didukung iklan.

Sampai saat ini, opsi utama untuk menghasilkan pendapatan merupakan pembayaran sederhana untuk mengunduh game. Model bisnis berlangganan juga ada dan telah terbukti populer di beberapa pasar (terutama Jepang) tetapi jarang di Eropa. Saat ini, sejumlah model bisnis baru telah muncul yang sering secara kolektif disebut sebagai "freemium". Unduhan permainan itu sendiri biasanya gratis dan kemudian pendapatan dihasilkan setelah diunduh baik melalui transaksi dalam aplikasi atau iklan. Bahkan tidak main-main lagi, penghasilan dari berbagai developer seperti Tencent, Moontoon, dan lain sebagainya mampu mencapai puluhan milyar per bulannya.

Jika anda tertarik, silahkan belajar untuk menjadi developer menggunakan berbagai aplikasi pembuat game seperti Unity, dan lain sebagainya.