6 Penyebab Ibu Hamil Mengalami Susah Tidur


Pada masa kehamilan trimester pertama dan terakhir Anda akan mengalami gangguan tidur. Gangguan tidur ini akan membuat Anda merasa kelelahan. Kondisi ini akan berpengaruh terhadap perkembangan bayi di dalam kandungan Anda. Berikut ini penyebab dari gangguan tidur selama masa kehamilan sehingga Anda bisa mengantisipasinya dari awal.


1.      Hasrat Buang Air yang Meningkat

Pada masa kehamilan, ginjal akan bekerja lebih keras sehingga menghasilkan urin dalam jumlah yang lebih besar. Kondisi ini menyebabkan Anda memiliki gejala untuk buang air kecil lebih tinggi. Posisi janin yang mulai menekan bagian kandung kemih juga menjadi faktor penyebab Anda memiliki keinginan buang air lebih tinggi.

2.      Denyut Jantung Meningkat

Jantung kerap akan mengalami berdebar-debar saat masa kehamilan sehingga membuat Anda gelisah untuk tidur. Denyut jantung yang meningkat didukung oleh beberapa faktor yaitu Anda mengalami kekurangan zat besi yang akhirnya menimbulkan penyakit anemia.

Kekurangan magnesium juga bisa menjadi faktor pendukung meningkatnya denyut jantung bahkan disertai dengan mual dan muntah. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mengonsumsi suplemen untuk ibu hamil atau pun susu khusus ibu hamil. Anda bisa mendapatkannya dengan harga promo lebaran 2018 memberikan potongan harga hingga 25%.

3.      Mengalami Sesak Napas

Pada masa kehamilan akan ada perubahan beberapa hormon dan adanya peningkatan jumlah hormon. Kondisi perubahan hormon ini yang akan mempengaruhi pernapasan Anda hingga membuat sesak napas pada waktu tidur. Anda bisa mengantisipasinya dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi sesuai kebutuhan pada masa kehamilan.

4.      Mengalami Nyeri

Nyeri yang terasa pada masa kehamilan juga menjadi penyebab Anda mengalami gangguan tidur. Bagian nyeri akan Anda rasakan karena perut yang semakin membesar sehingga membuat bagian punggung dan pinggang perlu penyesuaian beban. Kondisi nyeri ini dapat Anda atasi dengan melakukan beberapa aktivitas senam yang membantu otot-otot agar tidak kaku.

5.      Gangguan Pencernaan

Penyebab gangguan pencernaan selama masa kehamilan akan membuat Anda mengalami tidur yang tidak nyenyak. Gangguan pencernaan terjadi karena adanya peningkatan hormon progesteron yang mengakibatkan lambatnya gerakan peristaltik usus hingga membuat Anda kesulitan BAB. Anda akan mengalami asam lambung karena  peningkatan hormon estrogen.

6.      Mengalami Stres

Tidak hanya gangguan pada organ tubuh, gangguan pada emosi juga akan mengakibatkan hal buruk terjadi pada masa kehamilan. Gangguan tidur yang Anda alami bisa juga karena stres, itulah yang menyebabkan pada masa kehamilan tidak boleh memiliki banyak beban pikiran. Anda harus bisa meminimalisir untuk memikirkan hal hal yang tidak prioritas.   

Gangguan tidur yang Anda alami tentu akan sedikit banyaknya mengganggu kondisi kesehatan Anda. Kesehatan ibu hamil sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan bayinya. Anda perlu menjaga pola makan, istirahat yang cukup, dan juga mengimbanginya dengan olahraga yang aman dan rutin. Lakukan juga konsultasi berkala untuk setiap trimester kehamilan Anda.