Beberapa Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami


Cara mengatasi keputihan secara alami merupakan salah satu hal yang dicari oleh kaum hawa karena setiap wanita pasti pernah mengalami keputihan. Keputihan merupakan sekresi vagina pada wanita yang terjadi normal terutama pada usia wanita yang masih produktif. Kondisi alami ini berfungsi untuk membersihkan dan juga melindungi vagina dari iritasi dan juga infeksi. Keputihan juga dihubungkan dengan kondisi kesehatan dan juga tandanya penyakit yang disebabkan oleh virus, bateri, atau jamur yang membuat wanita tidak nyaman. Bahkan pernah ada beberapa kasus ekstrim yaitu terjadinya keputihan dapat berlangsung lama disertai juga bau yang tidak sedap. Hal tersebut merupakan salah satu hal yang menimbulkan kekhawatiran dan juga harus ditangani segera. Untuk bisa mengatasi keputihan ada beberapa cara yang tidak sulit dan dapat dilakukan dengan cara berikut.

Vagina sebenarnya memiliki keseimbangan keasaman dan juga bakteri tersendiri. Membasuh vagina dengan menggunakan sabun cair antiseptic nantinya akan membuat vagina terganggu dan juga membunuh bakteri baik. Hal tersebut menimbulkan adanya keputihan karena bakteri baik mati dan tidak memiliki pertahanan yang cukup terhadap infeksi. Vagina Douche atau pencucian vagina baik dengan menggunakan cairan kalium permanganate yang sangat murah atau juga cairan antiseptic dapat menimbulkan keputihan. Bagi anda yang mengalami keputihan tidak perlu khawatir untuk mengobatinya, berikut akan dijelaskan mengenai cara mengatasi keputihan secara alami. Pertama mengunakan kunyit, banyak kandungan zat antibakteri yang ada di  kunyit guna untuk menghilangkan keputihan yang ada di miss v.


Selanjutnya ada bawang putih. Bawang putih merupakan salah satu resep herbal secara turun temurun yang memiliki zat antibakteri dan juga antijamur. Mengonsumsi bawang putih secara rutin nantinya akan menghambat bakteri masuk pda area kewanitaan. Anda bisa mengonsumsi bawang putih secara rutin untuk mengurangi dan juga mengobati keputihan. Selanjutnya ada daun sirih. Zat yang ada pada daun sirih juga bersifat antibakteri dan juga antijamur. Selanjutnya ada daun sambiloto, seperti yang kita ketahui bahwa daun sambiloto merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan keputihan. Karena dalam kandungan daun ini juga memiliki zat antibakteria dan antijamur.